Pages

Tuesday, January 23, 2018

Syarat Daftar Ujian

Halo! Nggak kerasa udah tahun 2018. Tahunnya mahasiswa angkatan 2014 THP FTP UB buat siap-siap angkat kaki dari kampus. Menuju kehidupan sesungguhnya tanpa beasiswa dari orang tua wkwk apasih.


Di awal tahun yang selalu menggebu-gebu dan bersemangat dalam mewujudkan resolusi masing-masing, aku mau cerita nih tentang salah satu target aku di tahun ini, yaitu: SEGERA LULUS S1. FYI teman-teman, mungkin aku ngga kayak mahasiswa umumnya yang melakukan penelitian dan ujian skripsi sebagai tugas akhir. Alhamdulillah di kampusku ada salah satu jalur lagi untuk meraih gelar sarjana yaitu berbasis Karya Ilmiah Kompetitif, yaitu PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) yang diselengkarankan Kemenristekdikti. Alhamdulillah dulu sempat diberi kesempatan merasakan PIMNAS dan dapet kemudahan dari kampus buat nyelesaikan tugas akhir pakai karya ini.

Cerita tadi bukan bermaksud gimana-gimana ya hehe. Emang ngerasa bersyukur banget ngga usah ujian skripsi. Tapi itu bisa terjadi mungkin karena salah satu lagi doa ayah bunda yang dikabulkan sama Allah.

Sindrom leha leha
Jujur, awalnya sempat kena sindrom leha-leha karena merasa ga usah ujian skripsi. Well, tetep aja kan namanya tugas akhir tetep harus ditulis sesuai dengan format skripsi meskipun karyanya udah ada. Bedanya cuma ngga ada seminar proposal dan sidang akhir skripsi. Seluruh persyaratan buat lulus-apalagi secara administrasi-tetap harus dipenuhi, salah satunya adalah berkas-berkas daftar ujian skripsi. Nah, meskipun aku ngga ada ujian skripsi, baik mahasiswa yang pake jalur penelitian maupun tidak, tetep harus memenuhi berkas-berkas ini yaa.

Bedasarkan pengalaman seorang mahasiswi semester 7 yang pengen segera lulus tapi deadliner banget, sebaiknya berkasnya bisa dicicil dari kamu penelitian. Nah karena pengalamanku sendiri buat daftar ujian itu ribet, aku ingin share tahap-tahapnya agar kebingunan ini tidak terjadi turun temurun.

Ada banyaaaak sekali berkas-berkas secara administrasi yang harus disiapkan. Nah, ini adalah checklistnya.

Berkas-berkas tersebut bisa diunduh di web jurusan sama web fakultas. Ati-ati ada file yang ngga update hehehe terakhir kali file yang baru itu (Revisi 2017) kayak gini: (link)

Nah, sebenernya setelah download semua berkas-berkas itu aku bingung banget. Dari awal Desember 2017 sampe pertengahan Desember 2017 file itu aku anggurin padahal itu udah mau akhir semester 7. Padahal jujur aku sangat menghindari bayar UKT semester 8 karena tinggal beberapa hari lagi semester 7 mau berakhir. Terus panik dong?!?!


Again, ketika makin banyak yang harus dilakukan sementara waktu makin dikit, akhirnya tetep ngga ngapa-ngapain sampai akhir Desember daaaaan ke skip libur akhir tahun.
Panik panik panik

Tapi aslinya aku beruntung dengan kondisi makin mendesak gitu. Selama akhir tahun aku jadi bener-bener mikirin seribu cara buat menyelesaikan semua berkas-berkas ini di Bulan Januari sebelum disuruh bayar UKT lagi. Resolusiku jadi banyak banget haha! Kayak for the first time beneran jadi orang dewasa, nyiapin agenda di note itu rapi banget awal-awal Januari. Ibaratnya agenda di note sepanjang Januari itu udah kayak Rumus The King bimbel GO. Jangan sampai meleset lah intinya, demi tidak banyak UKT lagi hiks.

Bahkan buat tahun baru yang biasanya heboh ada ini itu, for the first time juga aku bisa menanggapi dengan bijak euforianya. "Mending tangal 31 kamu tidur cepet aja, Em. Tanggal 1 nyiapin berkas-berkasnya. Tanggal 2 Januari langsung mulai ngurus semuanya di kampus." HAHA, semacam titik balik pendewasaan diri tidak ingin menyia-nyiakan waktu :""""

                          Daaaan sejak tanggal 2 Januari perjuanganku dimulai!

Dimulai dari nyari tanda tangan (form U3) laboran ke laboratorium 3 jurusan, ke LSIH, Perpustakaan Pusat, sampe Kantin KOPMA! Kalo dipikir-pikir niat ya, buat mau syarat daftar ujian skrpsi sampe dicek ke lab sampai kantinnya, harus bebas tanggungan dan segala hutang piutang. Padahal kan belum resmi yudisium wkwkwk.

Terus ada lagi buat minta surat bebas tanggungan lab ke Bu Vivin. Nah, karena beliau ngga bisa ngeluarin surat bebas tanggungan kecuali yang skirpsinya penelitian, akhirnya aku disuruh bikin surat pernyataan ditandatangani dosen pembimbing I dan II.

Terus juga minta tanda tangan bagian keuangan (Form U2) buat bebas SPP. Nah ini nih yang menjadi kegalauan kita. Masa kalo misal udah masuk semester 8 dan kia tinggal ujian aja tetep kudu bayar SPP? Nah, hasil dari tanya-tanya kakak tingkat sebelumnya adalah, ada berbagai macam kebijakan yang dikeluarkan keuangan terkait bayar SPP. Ada yang tetep banyar full, ada yang bayar cuma 50%, ada ngga bayar. Nah, aku berharap dapet yang ngga bayar dong ya wkwkwk. Jadi aku disuruh bikin surat keterangan yang memohon penundaan tanggungan ukt karena hanya tinggal daftar ujian. Well, tanggungan UKT bisa 0 kalo kamu daftar ujian maksimal 2 minggu setelah pembayaran UKT. Jadi, kudu gercep!!!


Konsul for lyfe
Sambil nyicil tanda tangan, aku juga mengkonsultaksikan tugas akhirku nih ke 2 dosen pembimbing. Dosen pembimbing II ku kebetulan dosen pembimbing PKM-ku juga. Alhamdulillah beliau sangat baik dan suportif. Dibimbingan pertama, Dosbingku ini langsung bilang, "Wes ndang lulus. Kamu langsung kasih full paper yang udah sama dafar isinya. Nanti saya tanda tangani."

Terharu alhamdulillah :"""")

Nah, buat dosen pembimbing I ku ini kebetulan dosen yang aku dapet hasil pemilihan dosen skripsi di jurusan. Beliau juga orangnya baik dan ngebimbing ((dengan caranya sendiri)). Well, dosbingku yang ini orangnya sangat sibuk. Mau ketemu harus pake email, mau konsultasi draft proposal pake email, mau minta tanda tangan tinggal taruh di kotak depan ruangan beliau. Intinya jarang banget kan tatap muka. Di awal-awal, aku tiap hari nemuin ibunya di ruangan terlepas bikin janji apa engga. Karena kadang ngga srek kalo cuma lewat email. Nah, alhamdulillah beliau sangat membantu saya dalam penulisan skripsi, ngoreksiin sumarry bahasa Inggris, judul, dsb. Meskipun jarang tatap muka, yah tetep aja alhamdulillah sangat suportif juga.

Dan yang lebih perjuangan lagi adalah transkrip nilai. Buat kamu yang masih ambil mata kuliah di semester tersebut dan ingin daftar ujian di semester itu juga, kamu harus menunggu semua nilai mata kuliah keluar baru bisa dapet transkrip ujian skripsi. Nah, masalahnya, kadang batas input nilai mata kuliah lebih lama daripada batas ujian skripsi. Akhirnya, setelah berkonsultasi dengan Kaprodi, satu-satunya cara supaya bisa dapet transkrip itu adalah: lobbying ke semua dosen pengampu mata kuliah yang kamu ambil, memohon supaya nilainya dikeluarkan duluan.

Menurutku ini perjuangannya drama banget, sih. Biasanya, 1 mata kuliah itu ada 2-3 dosen pengampu. Nah, ini semacam untung-untungan pakai tampang melas gitu sih biar pada mau ngeluarin nilainya duluan. Soalnya, kadang ada dosen yang nilainya ngga mau dikeluarin duluan karena berbagai pertimbangan. Belum lagi yang dosennya dari beda fakultas, bingung jelasinnya. Temenku ada yang sampe nawarin bantuin input nilai si dosen biar nilainya segera keluar wkwkwkwk.

Setelah lengkap dapet transkrip, form U1,U2,U3 ; form S2,S5,S7, surat bebas tanggungan lab, Acc Dosbing, ada beberapa perintilan berkas yang ngga terlalu ribet sih menurutku, yaitu: kartu nonton sempro/semhas, undangan jadi penyanggah/moderator sempro, kartu konsultasi skripsi, form U7 tinggal print dan ditempel foto 3x4, Logbook penelitian (buat yang penelitain), SK Dekan (buat yang PKM) dan sertifikat PKK Maba!

Nah, sertifikat PKK Maba ini menarik. Awalnya aku sama sekali ngga inget nyimpen sertifikat itu dimana! Akhirnya aku baru menyadari kalo desas desus gabisa lulus kalo ngga ikut ospek fakultas itu beneran cuy! Beneran di-cek sama petugas administrasinya setiap berkas yang ada atau enggak, termasuk foto copy sertifikat PKK Maba. Jadi, buat Maba, simpen sertifikat PKK Maba mu, ya!

Setelah semua berkas lengkap, tinggal dimasukkan ke map kertas jadi satu dan diserahka ke bagian administrasi, deh! Dan tinggal menunggu tanggal ujian! Kalau PKM, bisa segera diselesaikan berkas-berkas buat daftar yudisiumnya. Nah, bersyukur banget aku ada beberapa teman sesama skripsi pakai PKM yang rajin dan jadi inisiator buat ngelakuin ini semua, jadi hayati tidak buta-buta banget. Salah satu temenku yang pakai PKM juga malah udah dicicil berkas buat yudisiumnya dari sekarang. Karena tidak ingin mengulang hecticnya kemarin wkwkwkwk.


Dari sepenggal kecil perjuangan menuju sarjana gelar S.TP ini, banyak banget pelajaran yang aku pribadi ambil. Dimulai dari sindrom leha-leha yang asli bikin agak terlena sama tujuan dan tanggung jawab awal waktu masuk ke kampus ini. Harus cepet-cepet bangkit! Apalagi buat deadliner kayak aku yang kalo ngga kepepet baru gerak HAHA. Yang kedua, time management! Menjadi mahasiswa tingkat akhir yang udah ngga punya jadwal kuliah padet justru malah membahayakan! Semakin banyak sehari yang full diisi dengan main, nonton youtube dan scroll instagram. Kalau ngga bener-bener nyiapin waktu dan agenda tersendiri untuk melakukan sesuatu yang harusnya jadi kewajiban, bye bye. Jadi kudu pasang target harian! Yang ketiga, peran lingkungan sih. Aku ngga ngebayangin kalo lingkunganku sendiri juga ngga semangat buat nyelesaikan berkas-berkas ini. Mungkin sekarang aku lagi scroll instagram seharian dan nyesel malemnya huhu gitu aja tiap hari. Well, bersyukur banget sih banyak temen-temen di sekitar aku yang sangat keren manajemen waktunya sukses mempengaruhi aku buat lebih rajin dari sebelumnya :)


Anyway, masih ada perjuangan lainnya sahabat. Pas tulisan ini lagi diketik, salah satu temenku yang tadi aku bilang bagus banget manajemen waktunya barusan ngabarin kalo udah ngumpulin berkas buat yudisium. O...kay. Mengurus berkas buat yudisium. Nah ini banyak juga hehehehe. Bismillah biar segera selesai aamiin ya Allah :))